Siapa yang tak kenal dengan Poppies Lane. Yup, sebuah jalan yang terletak di kawasan wisata Pantai Kuta, Bali ini memang merupakan daerah meeting point baik bagi para Backpacker maupun Traveller Lokal dan Mancanegara. Poppies lane itu sendiri terbagi menjadi 2 jalan, yaitu Poppies Lane 1 dan Poppies Lane 2. Semuanya menghubungkan Jalan Pantai Kuta dengan Jalan Legian, sehingga sangat memudahkan para wisatawan yang ingin mengakses kedua jalan tersebut.

Banyaknya penginapan-penginapan murah yang terdapat disana, membuat kawasan ini merupakan tujuan pertama bagi para Backpacker yang menginjakkan kakinya di Kuta Bali. Selain beberapa tempat menyediakan kamar dengan harga miring (plus sarapan pagi dan fasilitas lainnya), di kawasan ini juga banyak tersedia jasa penyewaan sepeda motor atau mobil, agen travel, agen shuttle bus (bagi wisatawan yang ingin pindah lokasi, seperti ke Ubud, Lovina atau bahkan ke Lombok), rumah makan yang menyediakan berbagai macam menu, baik ala western maupun lokal dan toko-toko kecil yang menjual berbagai macam souvenir.  Semua hal tersebut semakin memberikan banyak kemudahan bagi para wisatawan yang menginap di sekitaran Poppies Lane 1 dan 2.

Apabila Anda ingin menginap di kawasan Poppies lane, sangatlah mudah untuk mencari jalan tersebut. Dari arah Jalan Legian, Jalan Poppies Lane 2 terletak persis di sebelah kiri setelah Monumen Bom Bali 1, sedangkan Jalan Poppies Lane 1 terletak beberapa ratus meter sesudahnya.

Untuk mencapai jalan tersebut melalui Jalan Raya Pantai Kuta, Jalan Poppies Lane 1 terletak beberapa meter setelah Hotel Mercure dan sebelum Restoran siap saji, sedangkan Jalan Poppies Lane 2, terletak beberapa meter sesudah Restoran siap saji (MC Donald).

Apabila musim liburan tiba (peak season), maka kedua jalan ini sangat ramai dipenuhi oleh para Traveller dan Backpacker dari beberapa penjuru dunia. Oleh karena itu, Ke Bali ? jangan lupa mampir ke Poppies Lane………

note : tulisan juga dimuat dalam artikel Majalah Info Backpacker, Volume 4, 2010