.
.

Museum Renaissance BLANCO adalah sebuah penghargaan terhadap seniman besar DON ANTONIO BLANCO yg terletak di rumahnya, Campuhan-Ubud. Lokasinya yg tepat diatas sungai Campuhan dengan hawa perbukitan yg sejuk dan tenang, membuat Antonio Blanco menerima tanah pemberian Raja Ubud ini untuk dijadikan rumah sekaligus studio seni-nya.


Blanco bukan hanya seorang pelukis, dia adalah seniman serba bisa. Pelukis kelahiran Spanyol th 1911 ini pernah menjadi aktor di Hollywood, juga suka membuat puisi-puisi yg dipadukan dengan unsur seni rupa lainnya. Yang tidak bisa ditiru dari seorang Blanco adalah kemampuannya dalam menggambarkan keindahan wanita.

Semua lukisan Blanco bertemakan keindahan wanita dalam bentuk wanita yg sedang telanjang. Berbeda dengan pornografi, lukisan Blanco benar-benar adalah art kelas tinggi. Model yg dipakai adalah istrinya sendiri, Ni Rondji, anak sulungnya Tjempaka Blanco, dan model-model lain yg dianggap layak untuk diabadikan keindahannya. Tidak heran, Presiden Soekarno pada jamannya sering mengunjungi rumah Blanco, kedua-duanya adalah penganggum wanita.

 

Didalam museum terlihat banyak lukisan Antonio Blanco terpajang didinding lantai 1 dan 2.

Sorry guys, no camera allowed here..!!!